Selasa, 30 Desember 2014

Macam-macam Jenis Pensil


Pensil merupakan alat tulis sekaligus sebagai alat gambar yang paling praktis. Sebenarnya pensil memiliki banyak jenis dan keungulan masing masing, pensil tidak hanya ada 2B dan HB, Seperti pada umunnya sering di temukan di toko terdekat adalah ke dua pensil tersebut. Pensil di dunia sekarang ada lebih dari 350 macam jenis pensil. Jenis yang sering di gunakan pada umunnya adalah :


1.Pensil H dan B
Biasa di gunakan sebagai alat pembuatan bayangan pada warna putih, contohnya seperti baju, dan awan. pensil ini juga Cocok di gunakan sebagai pola dasar atau pembuatan sketsa.

2.Pensil HB
Pensil ini Biasa di gunakan untuk pewarnaan dasar kulit, kususnya pada siang hari dimana pada siang hari warna kulit akan terlihat cerah, HB juga dapat berfungsi sebagai pewarna pada awan ketika mendung dan juga Cocok di gunakan untuk pembuatan sketsa.

3.Pensil 2B
Pensil ini lebih sering di temukan karena pensil ini kusus, karena warnanya yang dapat terbaca komputer dengan jelas. Pensil 2B juga memiliki fungsi yang banyak pada saat membuat sketsa sebuah gambar. Umumnya sih digunakan untuk membentuk outline dan asiran dasar(tahap awal)

4.Pensil 3B
Pensil ini memiliki ketebalan yang kuat dari pada pensil 2B, Pensil ini pada dasarnya jarang di gunakan karena warna yang di hasilkan hampir sama dengan 2B dan 4B.

5.Pensil 4B
Memiliki ketebalan lebih yang sangat jelas dari pada pensil 2B, Di gunakan juga sebagai tahap awal dalam pewarnaan gambar.

6.Pensil 5B,6B,7B, dan 8B
Semua pensil ini Biasa digunakan sebagai pengasiran tahap akhir dan memberi asiran gelap terang yang lebih jelas, pensil ini biasa di gunakan untuk membentuk dimensi yang jelas. dan dimana garis yang dibentuk pensil ini cukup tebal dan lunak. jadi pengunaannya ya sebutuhnya sajalah.

7.Pensil Warna Hitam
Pensil ini terdapat pada pensil warna kayu apapun selain pensil kayu murahan, (pilihlah yang bermerek nasional/internasional sperti greeble atau fabercastel). pensil ini memiliki tingkat kehitaman mengalakan pensil 8B. karateristik pensil ini garisnya teratur, dan cukup keras. sangat cocok untuk mengasir bagian tertentu yang memiliki tingkat kegelapan lebih tinggi contohnya malam hari.

8.Pensil Mekanik
Pensil mekanik adalah pensil yang memiliki beberapa keungulan dari semua pensil yang sudah di jelaskan di atas. Pensil ini berupa pensil yang dapat di isi ulang, dan biasanya memiliki karakteristik yang selalu runcing(tipis), keras, dan warna nya yang dapat di atur dari Seperti HB, hingga 8B. Pensil mekanik lebih banyak digunakan untuk para pengambar manga dan pengambar yang menyukai kedetilan contohnya melukis rambut pada semi realis.






9.Pensil Arang
Pensil ini memiliki karakter yaa... seperti arang. tau kan arang itu apa :D. ciri khas pensil ini yaitu berukuran lumayan gede.

Sumber : http://draw-things.blogspot.com

Itu saja yang dapat saya jelaskan. semoga kamu ngak salah lagi saat memilih pensil

2 komentar:

Unknown mengatakan...

he. . . saya hanya memakai pensil 2B untuk sketsa sampai gradasi. ternyata banyak juga macam-macam pensil. makasih infonya....

Unknown mengatakan...

iyap banyak sekali macam-macam pensil. yang sering saya gunakan pensil mekanik, 3B dan 2H.

Posting Komentar