Minggu, 28 Desember 2014

Perbedaan Animasi 2D dan 3D


Saya kemaren baru saja menonton Stand by Me Doraemon. jujur saja  saya hampir nangis menonton film itu, sedih banget rasanya di tinggalkan oleh orang yang paling dekat dengan kita. Eits. . disini saya tidak membahas tentang cerintanya, yang kita bahas saat ini adalah seni animasinya. Coba kita ingat-ingat Doraemon jaman dulu saat kita kecil sangat berbeda dengan film Stand by Me Doraemon. Mengapa bisa begitu? nah ini yang kita bahas sekarang perbedaan animasi 2D dan 3D.


Animasi adalah suatu rangkaian gambar diam secara inbeethwin dengan jumlah yang banyak, bila kita proyeksikan akan terlihat seolah – olah hidup (bergerak), seperti yang pernah kita lihat film – film kartun di tevisi maupun dilayar lebar jadi Animasi kita simpulkan menghidupkan benda diam diproyeksikan menjadi bergerak. 

Jenis animasi yang banyak dikenal adalah animasi 2D dan 3D. Perbedaan dari animasi 2D dan 3D adalah dilihat dari sudut pandangnya. Animasi 2D menggunakan koordinat x dan y, sedangkan animasi 3D menggunakan koordinat x, y dan z yang memungkinkan kita dapat melihat sudut pandang objek secara lebih nyata.

A. Animasi 2D (2 Dimensi)


Animasi ini yang paling akrab dengan keseharian kita. Biasa juga disebut dengan Anime. Anime sendiri adalah istilah yang digunakan untuk menyebutkan film animasi atau kartun Jepang. Kata tersebut berasal dari kata animation yang dalam pelafalan bahasa Jepang menjadi animeshon. Contohnya banyak sekali, baik yang di TV maupun di Bioskop. Misalnya: Pokemon, Dragon Ball, Inazuma Eleven, Hunter x hunter, One Piece, Naruto, Doraemon, dan banyak lagi. Animasi 2D ini Hanya menggunakan 2 koordinat yaitu x dan y saja.

B. Animasi 3D (3 Dimensi)

Perkembangan teknologi dan komputer membuat teknik pembuatan animasi 3D semakin berkembang dan maju pesat. Animasi 3D adalah pengembangan dari animasi 2D. Dengan animasi 3D, karakter yang diperlihatkan semakin hidup dan nyata, mendekati wujud manusia aslinya. Semenjak Toy Story buatan Disney (Pixar Studio), maka berlomba-­lombalah studio film dunia memproduksi film sejenis. Bermunculanlah, Toy Story 2, Monster Inc., Finding Nemo, The Incredible, Shark Tale, Cars, The Adventures of Tintin dan Stand by Me Doraemon. Kesemuanya itu biasa juga disebut dengan animasi 3D atau CGI (Computer Generated Imagery).

Nah itulah perbedaan animasi 2D dan 3D  semoga ini dapat menambah wawasan. Baca juga Perbedaan Anime dan Kartun

3 komentar:

Unknown mengatakan...

kalau kartun upin dan ipin termasuk 3D atau 2D?

Unknown mengatakan...

Menurut saya itu 3D karena dari apa yang saya liat itu ada unsur x,y dan z 3D

dalanfahringer mengatakan...

apple watch stainless steel vs titanium
apple titanium element watch stainless steel vs titanium, omega seamaster titanium and nipple piercing jewelry titanium our guide to apple watch stainless titanium athletics steel vs titanium alloy is the best value for any stainless steel. micro touch trimmer

Posting Komentar