Rabu, 24 Desember 2014

Alat-alat Gambar


Dulu saat saya mau memulai hobi untuk menggambar, saya bingung alat-alat apa saja yang digunakan untuk menggambar. Ternyata alat yang digunakan hanya pensil dan kertas. Ada juga alat-alat yang lain yang sering digunakan saat menggambar. Di antaranya:

1. Kertas
Saya menggunakan kertas HVS. Walau kertas HVS bukan di peruntukan buat menggambar menggunakan pensil tapi digunakan untuk fotocopy, bagi pemula seperti saya dan kaum ELIT (Ekonomi suLIT) / MAKE (MAhasiswa KERe) ^_^ saya lebih memilih untuk menggunakan kertas HVS ketimbang kertas khusus untuk menggambar karna harganya terjangkau dan mudah di dapat. Adapun jenis kertas lainnya yang di khususkan buat menggambar yaitu canson dan Sketchbook .

kertas Canson ini bisa dibeli di toko buku besar, di bagian art supply. Biasanya dijual dalam bentuk lembaran (per 10 lembar) atau dalam bentuk sketchbook. Harganya relatif terjangkau, untuk ukuran A3 per 10 lembar, harganya sekitar Rp. 10000-15000 saja. Oya, saya memakai kertas yang khusus untuk pencil drawing, karena kertas Canson ini menyediakan kertas jenis lain yaitu untuk cat air. Sebetulnya pakai kertas untuk watercolor juga bisa, tapi gunakan sisi belakang kertasnya (sisi yang permukaannya halus).

Kelebihan kertas ini adalah tekstur permukaannya lembut, cocok sekali dengan pensil. Alhasil, membuat arsiran pun jadi lebih mudah. Kekurangannya, karena kelembutan teksturnya tadi, kertas ini jadi mudah kotor. Jadi hati-hati saja menggunakannya, sebisa mungkin jangan sentuh permukaannya dengan tangan supaya tak terkotori oleh minyak dari permukaan kulit kita. Jadi saya merekomendasikan kertas ini.

Sketchbook ini mudah dicari. Keuntungan memakai kertas ini adalah nggak repot, harus bawa-bawa lembaran kertas. Kekurangannya, tekstur permukaan kertas ini kasar. Akibatnya, sulit sekali untuk mengarsir dan melakukan blending pada arsirannya. Kalaupun bisa, arsirannya nggak akan halus dan terlihat sekali butiran-butiran grafit dari pensilnya.

2. Pensil
Saya memakai dua jenis pensil, yang pertama pensil biasa (clutch) dari kayu itu, dan yang kedua pensil mekanik. Clutch pencil yang saya pakai adalah merek Faber Castell. Range-nya dari 5H, 2H, HB, B, 2B, 3B, 5B, dan 8B. Sementara saya memakai pensil mekanik ukuran 0,5 mm 2B.

Lagi-lagi, merek pensil yang sebaiknya anda pakai tergantung selera anda sendiri. Yang penting, jangan gunakan hanya satu jenis (misalnya HB saja). Minimal gunakan dua jenis, yang satu terang yang satu gelap. HB dan 2B adalah pilihan yang bagus. beriku Macam-macam Jenis Pensil




3. Penghapus
Saya baru pakai 1 jenis penghapus.. hehe keliatan banget pemulanya ya ^_^.  Saya menggunakan merek Staedtler. Ada juga jenis penghapus lainnya namanya Kneaded Eraser. Penghapus ini unik karena bentuknya seperti lilin tanah liat yang bisa dibentuk-bentuk dengan tangan. Penghapus ini enak dipakai, daya hapusnya juga tinggi, tapi nggak mengotori kertas.


Eraser pen. Bentuknya panjang seperti pensil. Sangat mudah menghapus daerah yang kecil. penghapus ini harganya sekitar Rp.15.000 sudah termasuk refill-nya. Kalau penghapusnya sudah habis, anda bisa membeli refill-nya saja di toko-toko buku.

4. Alat Blending
Alat blending itu digunakan untuk meratakan arsiran untuk membuat bayangan pada gambar. Saya biasa menggunakan cotton bud ada juga yang menggunakan tissue facial karena texture nya yang halus. Ada lagi blending stump dan tortillon. Bagaimana Cara MemuatTortillon (Blending tool))?

5. Alat-Alat Lain
Selain tiga peralatan utama di atas, saya menggunakan tools lain seperti rautan pensil,dan penggaris. Selain itu, biasanya saya juga menyediakan perangkat hiburan lain seperti cemilan, air putih dan mendengarkan musik untuk merileksasikan suasana. Tidak lupa juga objek yang ingin saya gambar kalo lagi mau gambar realis.

nah sekian dulu saya membahas Alat-alat gambar nantikan postingan selanjutnya....

5 komentar:

Unknown mengatakan...

siip gan,,, arigatou gozaimasu,,,

ceritamonif mengatakan...

Bedanya blending stump dan tortillon apa ya? mohon info lebih lanjut....

Unknown mengatakan...

Ilham@ sama-sama gan. . . .

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Blending Stump itu alat meratakan arsiran, bentuknya seperti pensil dan mempunyai ujung di kedua sisinya. kalau Tortillon hampir sama bentuknya kalau Stump mempunyai ujung di kedua sisinya sedangkan tortollon hanya mempunyai satu ujung di salah satu sisinya. klik disini untuk cara tortillon

http://nozawart.blogspot.com/2014/12/bagaimana-cara-memuattortillon-blending.html

Posting Komentar