Kamis, 25 Desember 2014

Bagaimana Cara MembuatTortillon (Blending tool)

Tortillon itu alat untuk meratakan / menghaluskan arsiran pensil, pastel, atau charcoal. Tortillon ini salah satu dari alat alat untuk mencampurkan arsiran, contoh alat yang paling sederhana yang digunakan untuk meratakan arsiran yaitu Tissu dan cotoon bud.  


Tortillon ini kadang dijual di toko seni, memang sulit untuk menemukannya. Jika ada alat yang lebih mudah didaapat kenapa kita membahas Tortillon ini? :) Karena masih banyak orang yang penasaran pengen coba pakai tortillon, walaupun hasil nya tidak akan jauh berbeda seperti kita menggunakan tissu atau cotoon bud.

Daripada kita buang buang waktu cari tempat yang jual Tortillon, lebh baik kita coba untuk membuatnya sendiri.

Tortillon itu sebenarnya hanya sebuah gulungan kertas yang padat. Sederhana kan? sudah terbayangkan cara membuatnya? mungkin hanya perlu sedikit mengulang untuk latihan membuatnya. Oke ayo kita coba.


Step 1. 

Sediakan kertas A4. Tandai 2.5cm di satu sisi dan 2.5cm juga di sisi yang lain. Lalu beri garis dengan penggaris. Gunting bagian garis yang sudah dibuat. 2 bagian kertas tersebut bisa dibuat 2 Tortillon.




Step 2.

Mulai dari ujung yang sempit, cobalah untuk menggulung kerta dengan merata dan cukup padat, menuju tepi yang lebih luas.



Step 3.

Setelah kertas digulung erat, tahan dengan kuat dan dorong bagian tengahnya menggunakan jarum atau kawat, untuk membentuknya menjadi  seperti pensil.



 Step 4.

Agar gulungan nya tidak longgar, kamu butuh perekat untuk menguatkannya. Setelah itu bisa kamu mulai gunakan :) Mudah kan.






2 komentar:

Unknown mengatakan...

makasih atas informasinya. setelah membaca tulisan ini, saya jadi lebih mudah dan tidak perlu bingung ketika mau meratakan arsiran dalam menggambar.

Unknown mengatakan...

thaks infonya. Ternyata ada alat yang bisa di bikin sendiri....

Posting Komentar